Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode sugesti imajinasi siswa kelas IV SD N 1 Sumbergede kecamatan Sekampung

Anwar, Khoirul (2019) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui metode sugesti imajinasi siswa kelas IV SD N 1 Sumbergede kecamatan Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 155.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan berbahasa yang sangat kompleks, karena pada saat menulis harus melibatkan berbagai aktivitas kognisi dan keterampilan tertentu dalam suatu proses menghasilkan sebuah teks tulisan yang berisi gagasan terpilih, informasi, fakta, dan hal lainya yang sebagai pola pikir seseorang. sehingga orang lain dapat mengetahui atau memahami isi pesan yang disampaikan berupa tulisan, hal ini akan dapat terjadinya komunikasi yang baik antara penulis dengan pembaca. Salah satu yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses keterampilan menulis adalah pengetahuan siswa. Berdasarkan prasurvey di SD Negeri 1 Sumbergede Kecamatan Sekampung diperoleh data yaitu masih rendahnya keterampilan menulis siswa karena kurangnya pemahaman siswa dalam menerima materi dan banyaknya siswa yang lebih pasif dalam proses pembelajaran.

Rumusanan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode sugesti-imajinasi akan dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 1 Sumbergede Kecamatan Sekampung? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD 1 Sumbergede Kecamatan Sekampung.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas IV sejumlah18 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan, pada penelitian ini dilakukan dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi lembar portofolio dan dokementasi. Teknik analisis data berupa kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kualitatif untuk mengetahui pengaruh metode sugesti imajinasi pada pembelajaran siswa.

Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahawa setelah metode sugesti imajinasi diterapkan hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pada siklus I sebesar 77,78% dan siklus II sebesar 83,33%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,55%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa metode sugesti imajinasi ini dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis deskripsi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/200

Actions (login required)

View Item View Item