Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Bumi Kencana tahun pelajaran 2018/2019

Janah, Miftakhul (2019) Penggunaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Bumi Kencana tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 163.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Bumi Kencana yang masih sangat rendah atau dibawah KKM. Hal ini dikarenakan masih banyaknya siswa yang tidak memperhatikan guru saat sedang menjelaskan materi, dan belum maksimalnya pelaksanaan perencaan pembelajaran yang telah disusun oleh guru. Bahkan siswa juga sering terdiam jika diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

Permasalahan di atas dijadikan alasan Peneliti untuk memakai alternatif pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick ini, proses pembelajaran akan lebih menyenangkan dan siswa akan lebih aktif lagi selama proses pembelajaran.

Penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang meliputi aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian PTK ini Peneliti menggunakan 2 Siklus yang setiap Siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bumi Kencana yang berjumlah 32 siswa. Teknik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik data kualitatif dan teknik data kuantitatif. Data kualitatif didapat memalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi siswa dan lembar observasi guru sedangkan data kuantitatif didapat dari hasil tes belajar siswa.

Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada Siklus II yaitu dari 62,5% menjadi 81,25%, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 18,75%, sehingga dapat membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas V SDN 2 Bumi Kencana Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:49
Last Modified: 19 Nov 2019 07:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item View Item