Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III SD Negeri 2 Balekencono tahun pelajaran 2018/2019

Apriyani, Mitha (2019) Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III SD Negeri 2 Balekencono tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 164.FTIK.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan media gambar yang memiliki kelebihan yaitu guru dapat menyajikan bahan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkret sehingga mudah dipahami oleh siswa.

Rumusah masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Balekencono. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa dalam menyampaikan materi pembelajaran IPS di kelas belum menghadirkan media sehingga pembelajaran di kelas kurang menarik perhatian siswa. Media adalah alat bantu pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran yang bersifat abstrak menjadi konkret. Media yang digunakan adalah gambar jenis-jenis pekerjaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 2 Balekencono.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Balekencono yang berjumlah 19 siswa, yang terdiri dari 6 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan pretest dan postes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai 56,5 dengan tingkat ketuntasan 31,5% dan siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai 82,1 dengan tingkat ketuntasan 84,2% dan telah mencapai ketuntasan belajar 70% pada akhir siklus. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:49
Last Modified: 19 Nov 2019 07:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item