Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Improving The Students Descriptive Writing Ability by Using Cue Card Pictures at The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah Pekalongan

Saputri, Aini Qolbi (2018) Improving The Students Descriptive Writing Ability by Using Cue Card Pictures at The Tenth Graders of SMA Muhammadiyah Pekalongan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI AINI QOLBI SAPUTRI 1175417.pdf - Other

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gambarisyaratdapatmeningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif dengan benar dalam proses pembelajaran. Objek dalam penelitian ini adalah 21siswa di SMA Muhammadiyah tahun akademik 2016/2017.This research is a classroom action research (CAR).Penelitian ini dilakukan dalam dua tingkatan (siklus). Dalam siklus pertama ada 3 pertemuan dan siklus kedua ada 3 pertemuan dan setiap pertemuan memerlukan waktu 70 menit. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaam (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observation), dan pengayaan (reflection). Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi tentang situasi belajar. Dalam penelitian ini siswa diberikan tes awal (pre survey test) sebelum pelaksanaan penelitian dan tes akhir (postest) setelah pelaksanaan penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam penggunaan gambar isyaratpada menulis teks deskriptif. Peningkatan ini dapat dilihat dari kemajuan nilai rata-rata siswa di pre-survey test, post test I dan post-test II. Skor pre survey test pada siklus I adalah 64,85 dan post test II adalah 79,47. Ini berarti terdapat peningkatan nilai pada siklus 1 ke siklus II sebesar 14,62 poin. Persentase siswa yang sukses pada siklus 2 adalah 90%. Itu lebih baik daripada 70% yang telah ditentukan peneliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media gambar isyarat khususnya dalam pelajaran bahasa inggris sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:36
Last Modified: 06 Feb 2020 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item