Yuliana, Reni (2019) Penggunaan metode mind maps (peta pikiran/ingatan) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Purworejo kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 172.FTIK.2019.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Pada hakikatnya proses pembelajaran adalah proses komunikasi antara siswa dan guru. Kegiatan belajar di kelas merupakan suatu dunia komunikasi dimana guru dan siswa bertukar pikiran untuk mengembangkan ide dan pengertian. Banyak model pengajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa dengan mudah menerima materi yang disampaikan secara langsung seperti menggunakan metode Mind Maps (Peta Pikiran/Ingatan) dan sebagainya sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
Dapat diketahui bahwa siswa kurang antusias, tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi, tidak konsentrasi pada saat pembelajaran sedang dimulai, tidak memberi respon terhadap stimulus yang diberikan oleh guru, ini karena metode yang digunakan oleh guru kurang bervariatif, guru mengajar hanya membacakan sekilas materi dan tidak dijelaskan secara rinci, sehingga siswa tidak dapat menerima pelajaran yang telah disampaikan guru dan akibatnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Maka dari itu, saya berkeinginan untuk menerapkan metode Mind Maps. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah “Apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode Mind Maps pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Purworejo Kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019?
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Maps (Peta Pikiran/Ingatan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran selama 1 siklus dengan 2 kali pertemuan, mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dimana pada nilai awal pretest siklus I pertemuan pertama hasil belajar siswa dengan ketuntasan 26,67% dan meningkat dalam nilai posttest 40%, pada pretest pertemuan kedua hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 33,33% dan meningkat di hasil posttest sebesar 46,69%. Selanjutnya, pada hasil belajar siklus II diketahui nilai pretest pertemuan pertama dengan ketuntasan 33,33% meningkat pada hasil posttest sebesar 60%, dan pada pertemuan keduan siklus II nilai hasil pretest dengan ketuntasan 80% meningkat menjadi 100%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam setiap pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik dari hasil belajar pretest dan posttest siklus I dan siklus II. Kemudian ditandai dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 61,67% dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 46,67%, sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 89,33% dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:48 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 07:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/216 |
Actions (login required)
View Item |