Astuti, Adilah Hasna (2017) Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
ADILAH HASNA ASTUTI 13100072.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar mencerminkan pengetahuan dan keterampilan pada siswa melalui program dan kurikulum pembelajaran. Hasil belajar menunjukkan level kemampuan dan kompetensi siswa dalam aktivitas belajar yang tidak terlepas dari proses pencapainnya, dan tujuan yang membutuhkan strategi dan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi di kelas. Berdasarkan penjelasan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode drilluntuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTsMuhammadiyah Metro. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyaan penelitian yaitu: “Apakahhasil belajar bahasa Arab dapat meningkat melalui penerapan metode drillpada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Metrotahun pelajaran 2016/2017?.Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2016/2017. Peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes yang terdiri dari pre test, pos test 1, dan pos test 2. Dalam menganalisis data peneliti mempergunakan rumus persentase.
Adapun hasil penelitian yaitu hasil belajar bahasa Arab meningkat melalui penerapan metode drillpada siswa kelas VIII MTsMuhammadiyah Metro tahun pelajaran 2016/2017, dimana total skor tes siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Total skor tes di siklus 1 sebesar 2045 dan diakhir siklus 2 sebesar 2190. Siswa yang mencapai ketuntasan di siklus 1 sebanyak 20 orang (68,97%) sedangkan yang tidak mencapai ketuntasan sebanyak 9 orang (31,03%). Adapun siswa yang mencapai ketuntasan di siklus 2 sebanyak 26 orang (89,66%), sedangkan yang tidak tuntas di akhir siklus 2 sebanyak 3 orang (10,34%). Peningkatan ketuntasan dari siklus 1ke siklus 2sebesar 20,69%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,maka hipotesis yang penelitiajukan, yaitu: “hasil belajar bahasa Arab dapat meningkat melalui penerapan metode drill pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2016/2017”diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 07 Feb 2020 07:48 |
Last Modified: | 07 Feb 2020 07:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2286 |
Actions (login required)
View Item |