Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan metode cooperative learning type Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Al-qur’an Hadits siswa MTs Satu Atap (SA) Darun Nasyi’in Lampung Timur tahun 2018/2019

Diyanti Fuati Zahroh, Ulfa (2019) Penerapan metode cooperative learning type Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Al-qur’an Hadits siswa MTs Satu Atap (SA) Darun Nasyi’in Lampung Timur tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 128.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan harian mata pelajaran Al-qur’an hadis kelas VII MTs-SA Darun Nasyi’in Bumi Jawa Tahun Pelajaran 2018/2019 terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang menunjang keaktifan siswa, guru masih menggunakan metode ceramah. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah penerapan metode cooperative learning type Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs-SA Darun Nasyi’in Bumi Jawa Lampung Timur 2018/2019”.?

Mengacu masalah tersebut di atas, peneliti berusaha unuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Numbered Heads Together, pada sub pokok bahasan hukum bacaan qalqalah. Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Numbered Heads Together dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Alqur’an hadis siswa kelas VII di MTs-SA Darun Nasyi’in TP. 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan Metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs-SA Darun Nasyi’in pada mata pelajaran Al-qur’an hadis TP. 2018/2019, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar di tiap-tiap siklus, dimana pada siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan belajar sebesar 47% dan pada siklus II meningkat sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Nov 2019 01:52
Last Modified: 22 Nov 2019 01:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item