Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Drill (Latihan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII MTs Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah TP. 2017/2018

Muniroh, Samsiyatul (2018) Penerapan Metode Drill (Latihan) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas VII MTs Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah TP. 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SYAMSIYATUL MUNIROH 13101202.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran bahasa arab di kelasVII Mts Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah adalah disebabkan karena guru kurang tepat dalam menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuanmembaca bahasa arab siswa, sehingga kemampuan membaca bahasa arab siswa masih rendah.Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “apakah penerapan metode drill (latihan)mampu meningkatkan kemampuan membacapada siswakelas VIIMts Miftahul Anwar Negeri AgungLampung Tengah T.P 2017/2018?, Adapun tujuan dari peneltian ini adalah Untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membacabahasa arab siswa setelah menggunakan metode drill (latihan)pada siswa kelas VIIMts Miftahul Anwar Negeri AgungLampung Tengah T.P 2017/2018.Jenis penelitian adalah Penelitan Tindakan Kelas yang didalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam penerapan metode drill (latihan)ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan kemampuan qira’ah bahasa arab siswa setelah menggunakan metode drill (latihan) pada siswa kelas VII Mts Miftahul Anwar Negeri Agung Lampung Tengah T.P 2017/2018. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes siswa dari siklus I rata-rata sebesar 60,74 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 72,29. Dalam hal ini terjadi peningkatan hasil tes siswa dari siklus I ke siklus II rata-rata sebesar11,55. Kemudian siswa yang memperoleh nilai ketuntasan pada post test I sebanyak 10 siswa yakni 37,03%, sedangkan siswa yang tidak memperoleh nilai tuntas pada post test I sebanyak 17 siswa yakni 62,96%. Adapun siswa yang memperoleh nilai tuntas pada siklus II sebanyak 24 siswa atau 76,29%, sedangkan siswa yang tidak memperoleh nilai ketuntasan pada post test II sebanyak 3 siswa atau 11,1%. Dalam hal ini terjadi peningkatan kemampuan membaca bahasa arab siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,22 %, meningkatnya kemampuan membaca bahasa arab sebagai bukti bahwa metode drill (latihan) dapat meningkatkan kemampuan membaca bahasa arab siswa dan untuk selanjutnya metode drill (latihan) dapat diterapkan dalam proses pembelajaran bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:43
Last Modified: 11 Feb 2020 07:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item