Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur tahun 2018/2019

Manly Lumban Tobing, Valentine (2019) Pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 132.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Evaluasi pada hakikatnya adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan. Evaluasi ialah proses yang menentukan sejauh mana tujuan pendidikan dapat dicapai. Hasil belajar siswa akan menjadi lebih baik jika seorang guru mampu melaksanakan evaluasi dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan, karena dengan evaluasi guru mampu mengetahui kekurangan dan ketidak tuntatas siswa dalam melaksankan proses pembelajaran, peneliti menemukan kesenjangan antara evaluasi pembelajaran dan hasil belajar siswa . Terlihat bahwasanya ada ada beberapa siswa yang kurang respon terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa kurang memahami materi pembelajaran yang disampaikan gurur. Adapun rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar. Dan hipotesis penelitiannya adalah ada Apakah ada pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur yang ber jumlah 29 orang. Metode yang digunakan adalah metode angket sebagai metode yang utama, dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus one sampel T-tes SPSS untuk mengetahui pengaruh kedua variabel.

Setelah di analisa ternyata berdasarkan hasil penghitungan SPSS one sampel T-tes di dapat nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0.000. Dengan dasar pengambilan keputusan Jika nilai Sig. (2-tailed) <0.05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara evaluasi proses pembelajaran dengan hasil belajar. sehingga hipotesis yang peneliti ajukan diterima atau terdapat pengaruh evaluasi proses pembelajaran terhadap hasil belajar PAI di SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Nov 2019 02:16
Last Modified: 22 Nov 2019 02:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item View Item