Sari, Verra Reviana Kusuma (2019) Pengaruh iklim kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Islam Terpadu Bustanul Ulum Lampung Tengah tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 133.FTIK.2019.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar adalah daya penggerak yang memberikan kekuatan dan mengarahkan aktivitas seseorang untuk melakukan usaha dalam mencapai suatu tujuan. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa ada dua yaitu factor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor yang dikaji dalam penelitian ini adalah factor ekstrinsik, yaitu iklim kelas.
Adapun masalah yang Penulis temukan dari hasil pra-survey pada tanggal 23 April 2018 di SMP Islam Terpadu Bustanul „Ulum Lampung Tengah diperoleh data yang menunjukkan bahwa iklim kelas di SMP Islam Terpadu Bustanul „Ulum peneliti mendapati kesenjangan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada motivasi belajar siswa masih rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini “Apakah ada Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Bustanul „Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018 / 2019”.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa apakah ada Pengaruh yang signifikan antara Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Bustanul „Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018 / 2019.
Penelitian yang penulis lakukan adalah merupakan penelitian kuantitatif, sifat penelitian ini adalah asosiatif. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang berjumlah 24 siswa. Metode yang penulis gunakan adalah metode angket, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisa data penulis menggunakan rumus product moment dengan hasil yang diperoleh adalah rxy sebesar 0,47 lebih besar dari r tabel dalam taraf signifikan 5% 0,47>0,404. Sehingga hipotesis nol (Ho) dalam penelitian ini ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dengan demikian hal ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Iklim Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Terpadu Bustanul „Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Oleh karena itu sangat penting untuk benar-benar menciptakan iklim kelas yang berpihak pada kebutuhan dan minat belajar peserta didik agar motivasi belajarnya semakin terus meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 01:54 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 01:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
View Item |