Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan LCD Proyektor Pada Kelas VIII MTs Darul Amal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Ikhwanudin, . (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan LCD Proyektor Pada Kelas VIII MTs Darul Amal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IKHWANUDDIN 1285732.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

paya-upaya di bidang pendidikan secara umum kembali pada upaya mencapai tujuan pendidikan dan secara khusus berupaya mencapai hasil belajar. Hasil belajar mencerminkan pengetahuan siswa melalui program pendidikan atau kurikulum yang diajarkan, dan menunjukkan tingkat kompetensi siswa dalam aktivitas pembelajaran sebagaimana hasil belajar tersebut dievaluasi oleh guru melalui tes yang memadai.

Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan LCD Projektor ‎untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metro. Dalam penelitian ini, peneliti‎mengajukan‎pertanyaan‎penelitian,‎yaitu:‎“Apakah‎media‎LCD‎Projektor‎‎dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTs Darul A`mal‎Metro‎tahun‎pelajaran‎2017?2018?”‎Penelitian ini mengunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari dua siklus,di mana dalam setiap siklus terdapat tiga kali pertemua.Alat pengumpulan data mengunakan tes dan observasi. Teknikanalisis data mengunakan rumus persentase.

Adapun hasil penelitian yaitu hasil belajar bahasa Arab meningkat dengan penerapan LCD Projektor pada siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metrotahun pelajaran ‎‎2017/2018, dimananilai tes pada siswa meningkat dari pre-test ke pos-test 1. Demikian pula ‎meningkat dari post-test 1 ke post-test 2. Hal itu karena total nilai tes pada pre-test sebesar ‎‎1630, dan pada post test 1 sebesar 1961 dan diakhir 2 kedua sebesar 2051.‎‎‎Siswa yang mencapai ketuntasan pada pre-test sebanyak 10 orang (37,04%), pada post-test ‎1 sebanyak 18 siswa (66,67%) dan pada post-test 2 sebanyak 25 orang (92,‎59%). Adapun siswa yang tidak mencapai ketuntasan pada pre-test sebanyak 17 siswa (62,92%), pada pos-test 1 sebanyak 9 orang (33,33%) pada post-test 2 ‎sebanyak 2 orang (7,41%). Berdasarkan hal tersebut diketahui peningkatan kemampuan ‎mengarang di akhir siklus kedua pada selisih 25,93%. Dengan demikian hipotesis yang ‎peneliti‎ajukan.‎yaitu:‎“Hasil belajar bahasa Arab meningkat dengan penerapan LCD Projektor ‎pada siswa kelas VIII MTs Darul A`mal Metrotahun pelajaran 2017/‎‎2018”,‎diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:26
Last Modified: 11 Feb 2020 08:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2405

Actions (login required)

View Item View Item