Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak Lampung Tengah

Purniawati, Ria (2018) Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RIA PURNIAWATI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kinerja guru merupakanprestasi yang dapat ditunjukkan oleh guru. Ia merupakan hasil yang dapat dicapai dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya berdasarkan kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu yang tersedia.Oleh sebab itu, Seorang guru yang berkinerja baik akan mampu memberikan teladan yang baik kepada siswanya, sehingga siswa memperoleh perubahan tingkah laku yang lebih baik. Perilaku tersebut antara lain adalah perilaku disiplin dalam belajar, disiplin belajar merupakan salah satu kebutuhan dasar siswa dalam rangka membentuk dan mengembangkan sikap patuh belajar yang lebih baik. Sikap patuh siswa dalam belajar ditunjukkan dengan perbuatan yang mematuhi tata tertib yang berlaku sehingga siswa akan memperoleh perubahan pada dirinya, baik itu berupapengetahuan, perbuatan maupun sikap,baik itu belajar di rumah maupun belajar di sekolah.

Rumusan masalah dalam penelitian adalah “Apakah ada pengaruh kinerja guru terhadap disiplin belajar siswa SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak?”Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk menguji apakahada pengaruh kinerja guruterhadap disiplin belajar siswaSMKMuhammadiyah 1 Seputih Banyak”. Penelitian yang penulis lakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammasiyah 1 Seputih Banyak yang berjumlah 56 siswa. Kemudian sampel diambil secara Purposive Sampleyaitu seluruh kelas XI yang berjumlah 56 siswa. Metode pengumpul data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Chi Kuadrat (X2).Pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan besarnya harga Chi Kuadrat (X2) yang diperoleh yaitu22,44, dengan harga Chi Kuadrat tabel untuk dk = 4, pada taraf signifikan 5% = 9,488. Berdasarkan hasil tersebut, maka harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga Chi Kuadrat Tabel, 22,44> 9,488. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima, dengan demikian ada pengaruh kinerja guruterhadap disiplin belajar siswaSMKMuhammadiyah 1 Seputih Banyak Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 13 Feb 2020 01:57
Last Modified: 13 Feb 2020 01:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item View Item