Rohmawati, Siti (2018) Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata (PTK Siswa TPA Al Ikhlas Metro Tahun Ajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SITI ROHMAWATI NPM. 14116552.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Kemampuan kosakata merupakan salah satu bagian yang penting dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Pembelajaran Bahasa Arab terdiri dari unsur unsur bahasa dan kemampuan kebahasaan. Adapun unsur unsur bahasa terdiri dari aswat, mufrodat dan qowaid, dan kemampuan bahasa terdiri dari kemampuan menyimak, kemampuan membaca, kemampuan berbicara dan kemampuan menulis.Pentingnya kemampuan kosakata yaitu kemampuan unsur yang penting yaitu qowaid dan kosakata. Menurut Syaiful Mustofa” bahwa kebahasaan memiliki unsur yang penting dalam kemampuan kosakata pada kemampuan bahasa. Bahwa kemampuan kosakata yaitu qowaid yang mempengaruhi Kemampuan Bahasa, dari pendapat diatas bahwa kemampuan Kosa Kata mempengaruhi kemahiran kebahasaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Kosakata dengan menerapkan Metode DrillSiswa TPA Al Ikhlas Metro Tahun Ajaran 2018/2019, Sebelum dan sesudah diterapkan metode Drill, dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 35 siswa, Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu menggunakan dokumentasi, tes, dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu hasil belajar yang diperoleh siswa mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) >70 minimal 83,17% di akhir siklus.
Penelitian ini menggunakan MediaPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana peneliti berkolaborasi dengan guru yang bersangkutan sebagai observer. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab melalui penerapan Metode Drill. Peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan Metode Drill. Pembelajaran dilaksanakan dalam dua siklus di mana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data kegiatan pembelajaran untuk mengetahui kemampuansiswadiamati dan dicatat dalam lembar observasi serta peningkatan pemahaman siswa diukur melalui hasil tes yang dilakukan pada siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 40%.Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Drill dapat meningkatkan Kemampuan KosakataSiswa TPA Al Ikhlas Metro Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 19 Feb 2020 04:43 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 04:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2680 |
Actions (login required)
View Item |