Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Kafabih, . (2018) Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI KAFABIH NPM. 141277012.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Membaca merupakan hal yang penting bagi siswa yang akan mempelajari bahasa Arab karena membaca adalah bagian dari unsur-unsur bahasa. Berdasarkan prasurvey pada tanggal 20 April 2018 bahwa hasil belajar bahasa Arab pada siswa kelas VIII Mts.N1 Lampung Timur dari 73 siswa menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran bahasa Arab dalam kelas tersebut mencapai hasil yang kurang memuaskan. Hal itu disebabkan karena metode yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang bervariasi, akibatnya siswa merasabosan dan malas dalam pembelajaran bahasa Arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Drill terhadap keterampilan membaca siswa kelas VIII Mts. N1 Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen(quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VIII Mts. N1 Lampung Timur, yang terdiri dari VIII A, B,C,D, dan E. Adapun kelas VIII A adalah kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas control yang berjumlah 37 siswa. Teknik Pengambilan Sampel yang penulis lakukan adalah teknik Cluster.

Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa metode Tes dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus hitung ANOVA. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus hitung ANOVA, hasil menunjukkan bahwa harga thitung sebesar 26,05 sedangkan harga ttabel untuk taraf signifikan 1% adalah diperoleh angka 7,01 dan taraf signifikansi 5 % diperoleh angka 3,98. Dengan demikian t hitung lebih besar daripada t tabel, baik taraf signifikansi 1 % dan 5 %, sehingga hipoptesis kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh penerapan metode Drill terhadap kemampuan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII Mts N 1 Lampung Timur TP. 2018/2019 diterima.Dan (Ho) ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan metodeDrill terhadap kemampuan membaca bahasa Arab pada siswa kelas VIII Mts N 1 Lampung Timur TP. 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Feb 2020 05:07
Last Modified: 19 Feb 2020 05:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2685

Actions (login required)

View Item View Item