Nurokta Viani, Devi Nandri (2018) Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV MIN 2 Sukadana Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI DEVI NANDRI NUROKTA VIANI NPM. 14113941.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Suasana belajar yang kurang kondusif karena penurunan motivasi belajar siswa merupakan tantangan bagi seorang guru untuk bisa membangkitkan kembali motivasi siswa dalam belajar agar tercapainya tujuan pendidikan nasional, belum lagi siswa yang mampu membangkitkan motivasi belajar yang berasal dari dalam masih tergolong jarang. Oleh karena itu, motivasi belajar yang berasal dari luar perlu mendapatkan perhatian dan tindakan. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datangnya disebabkan faktor-faktor dari luar diri peserta didik, seperti adanya pemberian nasihat dari gurunya, hadiah (reward), kompetisi sehat antar peserta didik, hukuman (punishment), dan sebagainya.
Dari pengertian diatas, dapat diketahui bahwa banyak sekali hal yang dapat dilakukan oleh seorang guru dalam menumbuhkan motivasi siswa diantaranya melakukan pemberian rewardand punishment. Dalam konsep pendidikan, rewardmerupakan salah satu alat untuk peningkatan motivasi para peserta didik, sedangkan hukuman merupakan bentuk reinforcementnegatif namun bila diberikan secara tepat dapat meningkatkan motivasi siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama beberapa kali dengan melihat proses pembelajaran pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV di MIN 2 Sukadana Kec. Sukadana Kab. Lampung Timurmasih tergolong rendah. Hasil wawancara dengan guru Akidah Akhlak diketahui bahwa pemberianrewardand punishment oleh guru akidah akhlak di sekolah tersebut khususnya kelas IV sudah diterapkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah ada pengaruh pemberian reward and punishmentterhadap motivasi belajar siswapada mata pelajaran akidah akhlakkelas IV MIN 2 Sukadana Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018”.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidakpengaruh pemberian reward and punishmentterhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MIN 2 Sukadana Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018”.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya semua anggota populasi dijadikan sampel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan
vsampel diambil semua karena populasi kurang dari 100.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angketdan dokumentasi kemudian untuk proses analisia datanya dengan teknik statistic menggunakan rumus chi kuadrat
Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat dimanadiketahui bahwa harga chi kuadrat hitung hitung) sebesar 14,476 adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel tabel), baik pada taraf signifikan 1% (9,488) maupun pada taraf signifikan 5% (13,277) atau 9,488<14,476>13,277. Sehingga hipotesisdalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwaterdapat pengaruh pemberian reward and punishmentterhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV MIN 2 Sukadana Kec. Sukadana Kab. Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018”. Dari perhitungan perbandingan di atas diperoleh harga C = 0,57 dengan Cmaks= 0,816. Kemudian dlihat pada tabel koefisien kontingensi pada Cmaks= 0,816 dengan harga C = 0,57 berada pada kriteria klasifikasi sangat erat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 28 Feb 2020 00:36 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 00:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2714 |
Actions (login required)
View Item |