Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Fiqh MTS Negeri 2 Lampung Timur

Widi Astuti, Sinta Devi (2017) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Mata Pelajaran Fiqh MTS Negeri 2 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Sinta Devi Widi Astuti.pdf - Other

Download (11MB) | Preview

Abstract

Reward merupakanganjaran, hadiah, penghargaan, atau imbalan.Reward sebagai alat pendidikan diberikan ketika seseorang melakukan sesuatu yang baik, atau telah berhasil mencapai sebuah tahap tertentu, atau tercapainya sebuah target.Pemberian rewarduntuk perbuatan yang sesuai dengan yang diingkan akan berfungsi untuk memperkuat pendapat atau keyakinan individu bahwa perbuatan tersebut benar atau dibenarkan. Dalam psikologi dikenal dengan istilah “reinforcement”, atau “penguatan”.

Hasil belajar adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia pendidikan. Istilah ini digunakan sebagai tolak ukur. Dimana penilaian tersebut bertujuan melihat kemajuan belajar peserta didik dalam hal penguasaan materi pengajaran yang telah dipelajarinya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Hasil adalah “bukti bahwa seseorang telah belajar, yakni terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti”.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh pemberian rewardterhadap hasil belajar peserta didik kelas VII mata pelajaran fiqh MTs Negeri 2 Lampung Timur”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian reward, mengetahui hasil belajar fiqh, dan mengetahui pengaruh pemberian rewardterhadap hasil belajarFiqhdi MTs Negeri 2 Lampung Timur.Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, populasinya ada 197peserta didikdengan sampel 127peserta didikkelas VII dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Proportionate Stratified Random Slampling.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunkan Korelasi Pruduct Moment.

Berdasarkan analisis, data yang diperoleh menggunakan perhitungan Korelasi Product Momentdidapatkan hargaKorelasi Product Moment (????????????)= 0,426 sedangkan harga ????????????????????????0,176 pada tabel dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut maka Korelasi Product Moment (????????????)lebih besar daripada harga ????????????????????????maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruhpemberian rewardterhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII mata pelajaran fiqh MTs Negeri 2 Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:14
Last Modified: 05 Mar 2020 08:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item