Okiawan, Ingga (2020) Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMKN 1 Mesuji Raya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI INGGA OKIAWAN-1501010058.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan metode resitasi oleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan seorang pendidik agar mampu menciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas XI di SMKN 1 Mesuji Raya, sedangkan populasi dalam penelitian ini ialah kelas XI OTKP (Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran) sebanyak 64 siswa dengan sampel 64 siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI di SMKN 1 Mesuji Raya. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket), dokumentasi dan observasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang penggunaan metode resitasi, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar Pendidikan Agama Islam, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa kelas XI SMKN 1 Mesuji Raya.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMKN 1 Mesuji Raya . Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 25.6887 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 16.919. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh cukup.
Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya penggunaan metode resitasi memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 61,77% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMKN 1 Mesuji Raya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 03:56 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 03:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
View Item |