Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Raman Utara Tahun Ajaran 2018/2019

Maimunah, Siti (2019) Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Raman Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI MAIMUNAH _1501020087_.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa arab adalah salah satu mata pelajaran yang wajib ditempuh oleh siswa-siswi SMA Negri 1 Raman Utara. Salah satu berhasil atau tidaknya pembelajaran yaitu dengan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa. Bahasa adalah alat komunikasi untuk mengekspresikan ide, pemahaman dan perasaan. Bahasa arab merupakan bahasa asing yang dipelajari disekolah dan didalamnya terdapat empat ketrampilan yakni mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Permasalan yang ada dalam pelajaran khususnya bahasa arab, yaitu siswa tidak aktif dan cenderung pasif. Oleh karena itu guru harus bisa menciptakan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan demikian setelah siswa belajar bahasa arab diharapkan agar terampil menggunakan berbagai konsep bahasa arab setiap hari.

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode drill terhadap kemampuan membaca siswa. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negri 1 Raman Utara dari tanggal 7 Mei sampai 14 Mei 2019 pada siswa kelas X ISOS I dan X ISOS II. Sample yang digunakan adalah 28 siswa kelas X ISOS I sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas ISOS II sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunaka instrumen tes dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini dalah kelas sepuluh.

Teknik analisis data statistik yang penulis gunakan untuk menganalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus ANOVA. Hasil menunjukan bahwa harga t hitung sebesar 26,05 sedangkan harga t tabel untuk taraf signifikan 1% diperoleh angka 7,01 dan taraf signifikansi 5% deperoleh angaka 3,98. Dengan demikian t hitung lebih besar dari pada t tabel, baik taraf signifikansi 1% dan 5%. Sehingga hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan ada pengaruh penerapan metode drill terhadap kemampuan membaca Bahasa Arab pada siswa kelas X SMA Negri 1 Raman Utara Tahun Ajaran 2019/2020 diterima. Sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Maka dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pengajaran bahasa arab dengan menggunakan metode drill tehadap kemampuan membaca pada peserta didik kelas X SMA Negri 1 Raman Utara Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 May 2020 06:28
Last Modified: 13 May 2020 06:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item