Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Istiqroiyah Terhadap Penguasaan Qawaid Nahwu Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur TA.2015/2016

Mardiana, Amanah (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Istiqroiyah Terhadap Penguasaan Qawaid Nahwu Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur TA.2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 104.Tar.16.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penguasaan qawaid nahwu adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan pemahamanya tentang perubahan akhir kata-kata berbeda tergantung pada tempatnya dalam kalimat, Dan metode istiqraiyah adalah metode pembelajaran nahwu yang dmulai dengan menyebutkan contoh-contohnya terlebih dahulu kemudian dengan qawaid. Penelitian mengunakan desain penelitian kuantitatif yang terdiri dari kelompok ekperimen dan kelompok kontrol, adapun kelas yang dipilih peneliti untuk kelompok ekperimen adalah kelas VIII B, dan peneliti memilih kelas A menjadi kelompok kontrol, adapun alat pengumpulan data peneliti mengunakan metode tes, dan dokumentasi, dalam penilitian ini peneliti mengunakan rumus t-test untuk menganalisis data.

Adapun permasalah yang digunakan peneliti adalah : apakah ada pengaruh penggunaan metode istiqroiyah terhadap penguasaan qawaid nahwu pada peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Batanghari Lampung Timur TA.2015/2016 ?.

Adapun hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan metode istiqraiyah terhadap penguasaan qawaid nahwu yaitu hasil tes kelompok ekperimen lebih besar dari kelompok kontrol,itu dikarenakan hasil kelompok eksperimen dalam post test mencapai nilai 6145 dan kelompok kontrol mencapai nilai 1995 , adapun hasil tes kelompok eksperiment yang mencapai tingkat keberhasilan adalah 86,66% yaitu 26 siswa, dan kelompok kontrol 60 % yaitu 18 siswa. setelah analisis data dengan rumus t-test hasil nilai t hitung adalah 2,631, bila dibandingkan dengan nilai t tabel diindeks di kebebasan n1+n2−2=58(df) mendefinisikan nilai t hitung dalam tingkat 5%, lebih besar dari nilai t tabel ) 2,631>1,486(, dan oleh karena itu hipotesis penelitian yang digunakan oleh para peneliti adalah “penerapan metode istiqraiyah terhadap penguasaan qawaid nahwu” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 May 2020 04:23
Last Modified: 26 May 2020 04:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item