Sari, Diana Novita (2020) Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang mengikuti kegiatan TPA dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan TPA kelas IV MIN 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI - DIANA NOVITA SARI - 1601050096.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
MIN 1 Metro merupakan pendidikan formal yang menekankan pengintregasian nilai keislaman dengan pendidikan umum dalam proses pembelajarannya. Sedangkan taman pendidikan Al-Qur’an memberikan suatu pengajaran Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan tajwid, mampu menghafal sejumlah surat pendek serta mampu mengerjakan shalat dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang ikut TPA dengan siswa yang tidak ikut TPA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif yang bersifat deskriptif.Dengan populasi seluruh siswa MIN 1 Metro dan sampel siswa kelas IV C yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes, interview dan dokumentasi sedangkan teknis analisis data menggunakan rumus Uji-t dua variabel.
Hasil dari perhitungan diperoleh nilai t hitung senilai 2,158 dengan t tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,048 ini berarti nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Menurut perhitungan tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang ikut kegiatan TPA dengan siswa yang tidak ikut TPA kelas IV MIN 1 Metro.
Kata Kunci : Membaca, Al-Qur’an, TPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 09:08 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 09:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3356 |
Actions (login required)
View Item |