Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas V SD N 1 Sumberagung

Saputra, Arifin Dwi (2020) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Kelas V SD N 1 Sumberagung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ARIFIN DWI SAPUTRA 1601050095.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran SD Negeri 1 Sumberagung, sehingga aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Berdasarkan observasi diketahui bahwaaktivitas peserta didik yang pasif dalam mengikuti proses pembelajaran dan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode mempengaruhi rendahnya hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas VB SD N 1 Sumberagung pada pembelajaran tema 6 subtema 1 dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division). Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VB SD Negeri 1 Sumberagung dengan jumlah 18 peserta didik terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan, pada pembelajaran tema 6 subtema 1 tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58% dan pada siklus II mengalami peningkatan 20% menjadi 79%. Untuk hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada pembelajaran tema 6 subtema 1, rata-rata ketuntasan pada siklus I adalah 56% dan pada siklus IImengalami peningkatan 22% menjadi 78%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 75% pada pembelajaran tema 6 subtema 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:50
Last Modified: 18 Jun 2020 07:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3362

Actions (login required)

View Item View Item