Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Drill pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V

Sholekha, Ulfa Mar’atus (2020) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Drill pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ULFA MAR'ATUS SHOLEKHA.pdf - Other

Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti terlihat bahwa proses belajar mengajar yang dilakukan guru masih memberikan penugasan, penugasan yang dimaksud yaitu guru memberikan materi kemudian memberikan conoth soal setelah itu langsung memberikan tugas kepada siswa tanpa memberikan penjelasan terhadap tugas yang telah diberikan.guru kurang menggunakan metode secara maksimal dalam menyampaikan materi sehingga siswa merasa bosan saat pembelajaran matematika.
Aktivitas yang dimaksud yaitu partisipasi siswa dalam proses pembelajran, siswa memperhatikan saat guru menyampaikan materi, siswa menjawab saat guru bertanya, dan mampu mengerjakan soal yang diberikan guru. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan dari hasil masukan pribadi beruapa motivasi dan harapan untuk berhasil dan masukan dari lingkungan berupa rancangan dan pengelolaan motivasional tidak berpengaruh langsung terhadap besarnya usaha yang dicurahkan oleh siswa untuk mencapai tujuan belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untu mengetahui terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika denggan menggunakan metode drill(latihan).Metode drill(latihan) merupakan metode yang mengajarkan siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan agar siswa memiliki keterampilan dalam mengerjakan latihan-latihan soal secara berulang.Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas Vb SD Negeri 2 Kotagajah yang berjumlah 25 siswadan objek dalam penenlitian ini adalam materi volume bangun ruang kubus dan balok. Dalam penelitian ini dilakukan selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali tatap muka. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes untuk mengukur hasil belajar dan metode dokumentasi untuk mengamati aktivitas siswa dan juga metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Dalam penelitian ini aktivitas siswa dengan hasil belajar dengan menggunakan metode drill berhasil mecapai target yang diinginkan. rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 72% dan meningkat sebanyak 6% pada siklus II sebesar 78%. Presentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 40% meningkat 36% pada siklus II ketuntasan hasil belajar mencapai 76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 19 Jun 2020 09:20
Last Modified: 19 Jun 2020 09:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item