Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode Jigsaw kelas VIII di SMP Ma’arif 09 Way Jepara Lampung Timur

Hanifatunnisa, . (2020) Upaya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode Jigsaw kelas VIII di SMP Ma’arif 09 Way Jepara Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HANIFATUNNISA NPM. 1501010176.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakanmata pelajaran yang penting bagi siswa baik secara formal maupun secara ilmu serta dapat menentukan jalan menuju sukses baik di sekolah maupun di kehidupan mendatang. Untuk itu seorang guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang aktif agar siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan, ketika siswa mampu memahami materi tentu siswa akan mampu memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menggunakan metode Jigsawkelas VIII SMP Ma’arif 09 Way Jepara Lampung Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Ma’arif 09 Way Jeparayang berjumlah23siswa yang dirancang dalam 2 siklus dan tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari:perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.hasil belajar siswa setelah diberikan tindakan mengalami peningkatan setiap siklusnya.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Jigsawpada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Ma’arif 9 Way Jepara Lampung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,91 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,90%. Hasil tersebut membuktikan bahwa tercapainya ketuntatasan hasil belajar siswa dengan nilai KKM ≥70 mencapai 82,60% diakhir siklus dan dapat dinyatakan telah mencapai atau melebihi taraf indikator keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:52
Last Modified: 01 Jul 2020 02:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3424

Actions (login required)

View Item View Item