Yusuf, Arif Subarkah (2019) Penggunaan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN 01 Trimurjo kabupaten Lampung Tengah tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 296.FTIK.2019.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran memiliki bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan belajar. Media pembelajaran adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya.
Berdasarkan prasurvey di SD Negeri 01 Trimurjo diperoleh data yaitu masih ada hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV yang tidak mencapai KKM sebesar 68 dikarenakan pada saat menyampaikan materi pembelajaran guru kurang atau tidak menggunakan media pembelajaran sehingga membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan media grafis sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri 01 Trimurjo.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan, pada penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data berupa kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa setelah menggunakan media grafis sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 50% dan siklus II sebesar 80%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 30%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa penggunaan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SD Negeri 01 Trimurjo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 11:56 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 11:56 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/345 |
Actions (login required)
View Item |