Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Adiwarno Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Rohmatun, . (2019) Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Adiwarno Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ROHMATUN.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi yang menyebabkan beberapa peserta didik mengalami kebosanan sehingga membuat peserta didik tidak memperhatikan dan menjadikan suasana di dalam kelas kurang kondusif saat jam pelajaran Matematika berlangsung di kelas V SD Negeri 1 Adiwarno sehingga nilai yang diperoleh peserta didik dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan kurang maksimal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 1 Adiwarno Lampung Timur tahun pelajaran 2018/ 2019. Dalam pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi ini pendidik menyampaikan materi secara lisan dan dibantu dengan menggunakan alat atau media yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan atau dua kali tatap muka. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Adiwarno Lampung Timur , yang berjumlah 31 peserta didik yang terdiri dari 20 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, Observasi, dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yaitu analisis yang digunakan untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan pendidik selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Analisis kuantitatif yaitu analisis yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap materi, yang dihitung dengan menggunakan rumus hitung rata-rata dan presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 58% pada siklus II hasil belajar peserta didik sebesar 74% atau tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 16%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas V SD Negeri 1 Adiwarno Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Jul 2020 02:20
Last Modified: 09 Jul 2020 02:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3470

Actions (login required)

View Item View Item