Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemberian Ganjaran dan Hukuman Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTs-Swasta di Kabupaten Lampung Tengah

Kurniawanto, Eva Yulius (2020) Pengaruh Pemberian Ganjaran dan Hukuman Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTs-Swasta di Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
EVA YULIUS KURNIAWANTO.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia, dengan pendidikan manusia bisa berbudaya.Salah satu tujuan pendidikan adalah untuk membentuk manusia yangbaik danberbudi pekerti yang luhur menurut cita-cita dan nilai-nilai dari masyarakat. Tentu untuk menciptakan motivasi belajar peserta didik di sekolah MTs di Kabupaten Lampung Tengah bukanlah hal semudah membalikkan telapak tangan, banyak faktor yang dapat mendukung perkembangan motivasi belajar peserta didik di sekolah seperti metode pembelajaran guru dengan pemberian Ganjaran(penghargaan) dan Hukuman(hukuman) kepada peserta didik di harapkan dapat memberian pengaruh terhadap motivasibelajar pesertadidik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Apakah pemberian Ganjaran berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Swasta Kabupaten Lampung Tengah. 2)Apakah pemberian Hukuman berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Swasta Kabupaten Lampung Tengah.3) Apakah pemberian Ganjaran dan Hukuman secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Swasta Kabupaten Lampung Tengah.Rancangan penelitian ini diantaranya, Populasi dan Sampel dan Teknik Sampling. Definisi Operasional Variabel. Metode pengumpulan datanya dengan Angket, dan dokumentasi. Instrument Penelitian,Uji Coba Instrumen Penelitian Analisis regresi ganda dilakukan dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan.1) Terdapat pengaruh variable pemberian Ganjaran terhadap motivasi belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs-Swasta di Kabupaten Lampung Tengah. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung(0,634) > t-tabel dengan 59 = 59 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga variable pemberian Ganjaran terhadap motivasi belajar Peserta Didik kelas VIII di MTs-Swasta terhadap pengaruh yang signifikan. 2) Terdapat Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik VIII di MTs Swasta. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung(0,430) > t-tabel dengan N = 59 tingkat kepercayaan 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga variable Pemberian Ganjaran terhadap motivasi belajar Peserta Didik kelas VIII di MTs Swasta terhadap pengaruh yang signifikan.3) Terdapat Pengaruh Pemberian Ganjaran dan Hukuman Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik kelas VIII di MTs Swasta. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung(1,402) > t-tabel dengan N = 59 tingkat kepercayaan 5% = 0,291 , dan tingkat kepercayaan1% = 0,376 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel, sehingga Pemberian Ganjaran dan Pemberian panishment Terhadap Motivasi belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTs Swasta pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:32
Last Modified: 07 Jul 2020 04:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item