Kurniawanto, Eva Yulius (2020) Pengaruh Pemberian Ganjaran dan Hukuman Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTs-Swasta di Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
| Preview | PDF EVA YULIUS KURNIAWANTO.pdf - Other Download (2MB) | Preview | 
Abstract
Pendidikan  adalah  usaha  sadar untuk  menumbuh  kembangkan  potensi sumber  daya  manusia,  dengan  pendidikan manusia  bisa  berbudaya.Salah  satu tujuan  pendidikan  adalah  untuk  membentuk  manusia  yangbaik  danberbudi pekerti  yang  luhur  menurut  cita-cita  dan  nilai-nilai  dari  masyarakat. Tentu  untuk menciptakan motivasi belajar peserta   didik   di   sekolah   MTs   di   Kabupaten Lampung Tengah  bukanlah    hal  semudah  membalikkan  telapak  tangan,  banyak faktor  yang  dapat  mendukung  perkembangan  motivasi belajar peserta  didik  di sekolah    seperti    metode    pembelajaran    guru    dengan    pemberian Ganjaran(penghargaan)  dan Hukuman(hukuman)  kepada  peserta  didik  di  harapkan  dapat memberian pengaruh terhadap motivasibelajar pesertadidik.
   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Apakah pemberian Ganjaran berpengaruh    terhadap  motivasi  belajar  peserta  didik  di  MTs Swasta Kabupaten   Lampung   Tengah.   2)Apakah pemberian Hukuman berpengaruh terhadap  motivasi  belajar  peserta  didik  di  MTs Swasta Kabupaten  Lampung Tengah.3) Apakah pemberian Ganjaran dan Hukuman secara  bersama-sama berpengaruh  terhadap  motivasi  belajar  peserta  didik  di  MTs Swasta Kabupaten Lampung Tengah.Rancangan penelitian ini diantaranya, Populasi dan Sampel dan Teknik  Sampling. Definisi  Operasional  Variabel. Metode pengumpulan datanya dengan Angket,  dan  dokumentasi. Instrument  Penelitian,Uji    Coba    Instrumen Penelitian Analisis regresi ganda dilakukan dengan bantuan SPSS 22.
   Hasil penelitian ini menunjukkan.1) Terdapat pengaruh variable pemberian Ganjaran terhadap  motivasi  belajar  Peserta  Didik  Kelas  VIII  di  MTs-Swasta  di  Kabupaten  Lampung  Tengah.  Hal  ini  di  tunjukan  oleh  nilai  t-hitung(0,634) > t-tabel dengan 59 = 59 1% = 0,376 dengan tingkat signifikan 0,000 pada t-tabel,  sehingga  variable  pemberian Ganjaran terhadap  motivasi  belajar  Peserta Didik  kelas  VIII  di  MTs-Swasta  terhadap pengaruh yang  signifikan.  2) Terdapat Pengaruh  Pemberian Hukuman Terhadap  Motivasi  Belajar  Peserta  Didik  VIII  di MTs  Swasta.  Hal ini  di  tunjukan  oleh  nilai  t-hitung(0,430)  >  t-tabel dengan  N  =  59 tingkat  kepercayaan  1%  =  0,376  dengan  tingkat  signifikan  0,000  pada  t-tabel, sehingga  variable  Pemberian Ganjaran terhadap  motivasi  belajar  Peserta  Didik kelas  VIII  di  MTs  Swasta  terhadap pengaruh yang  signifikan.3) Terdapat Pengaruh  Pemberian Ganjaran dan Hukuman Terhadap  Motivasi  Belajar  Peserta Didik kelas VIII di MTs Swasta. Hal ini di tunjukan oleh nilai t-hitung(1,402) > t-tabel dengan N = 59 tingkat kepercayaan 5% = 0,291 , dan tingkat kepercayaan1% =   0,376   dengan   tingkat   signifikan   0,000   pada   t-tabel,   sehingga Pemberian Ganjaran dan Pemberian  panishment Terhadap Motivasi  belajar  Peserta  Didik Kelas VIII di MTs Swasta pengaruh yang signifikan.
| Item Type: | Thesis (Masters) | 
|---|---|
| Subjects: | Pascasarjana | 
| Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Tari Eka Miyanti | 
| Date Deposited: | 07 Jul 2020 04:32 | 
| Last Modified: | 07 Jul 2020 04:32 | 
| URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3483 | 
Actions (login required)
| ![View Item['Plugin/Screen:render_action_img_suffix' not defined] View Item](/style/images/action_view.png) | View Item | 
