Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Ningrum, Anna Ratih (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 188.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Mengajar merupakan tugas pokok seorang guru. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa, guru dalam kegiatan belajar mengajar perlu menggunakan metode jitu agar pembelajaran lebih efektif. Metode Drill dapat menggunakan daya pikirnya yang makin lama makin bertambah baik, tetapi pada kenyataanya adanya suatu kesenjangan antara harapan dengan kenyataan yang terjadi, bahwa penggunaan metode Drill masih kurang maksimal dimana hasil belajarAl-Qur’an Hadist siswa masih rendah, siswa masih kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penggunaan metode Drill terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum 39 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019”.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode Drill terhadap hasil belar Al-Qur’an Hadits kelas VIII MTs Riyadlatul Ulum 39 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019.

Peneliti yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan sampel dan populasi. Anggota populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Riyadlatul Ulum 39 Batanghari Lampung Timur yang berjumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Proposional Statified Random Sampling,
dengan jumlah sampel 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode dokumentasi, metode observasi.

Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa Chi Kuadrat ( 2  ) hitung adalah sebesar (27,369) yaitu lebih besar dari chi kuadrad ( 2  ) tabel, untuk taraf signifikasi 5% = 9,488 dan taraf signifikasi 1% = 13277 atau 9,488<27,369>13,277.

Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini, yaitu ada pengaruh penggunaan metode Drill terhadap hasil belajar siswa dapat diterima. Untuk mengetahui keterkaitan faktor satu denganfaktor yang lain maka dihitung dengan rumus koefisien kontigensi (KK) atau C, hasil perhitungan diperoleh harga C= 0,684 dan dibandingkan Cmak= 0,816. Dengan demikian, ada keterkaitan yang cukup erat antara penggunaan metode Drill terhadap hasil belajar. Maka (Ha) diterima dan (Ho) di tolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 13:16
Last Modified: 17 Dec 2019 13:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item