Parlowati, Imelda (2020) Penggunaan metode Card Sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI IMELDA PARLOWATI 1601050014.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat yang dapat dilihat dari hasil ulangan harian semester ganjil jelas bahwa siswa yang memiliki kriteria belum tuntas sebanyak 60%, sedangkan kriteria tuntas 40%. Hasil tersebut memberikan gambaran bahwa kondisi hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat terutama pada mata pelajaran IPS sangat rendah. Berdasarkan hasil observasi dilakukan hasil belajar rendah diakibatkan karena pembelajaran masih bersifat teacher centereddan belum menggunakan metode yang bervariasi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan metode card sort. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat yang berjumlah 25 siswa.Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode card sortpada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 6 Metro Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata presentase angka ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 52% dengan rata-rata nilai 46,6 dan pada siklus II sebesar 88,8% dengan rata-rata nilai 80. Hal itu menujukkan adanya peningkatan sebesar 36,8%. Dengan demikian penerapan metode card sort mengalami peningkatan pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 6 Metro Barat.
Kata kunci: Hasil belajar IPS, Metode card sort, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 02:49 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 02:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3607 |
Actions (login required)
View Item |