Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Nilai Mata Kuliah Statistik Dengan Kemampuan Menganalisa Data Kuantitatif Mahasiswa PAI IAIN Metro

Mahfudi, Safta (2020) Hubungan Nilai Mata Kuliah Statistik Dengan Kemampuan Menganalisa Data Kuantitatif Mahasiswa PAI IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SAFTA MAHFUDI NPM 1501010108 - Safta Mahfudi.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah statistik pada perguruan tinggi diharapkan mampu membuat mahasiswa memahami konsep serta prosedur statistik dan mampu menerapkannya pada saat atau proses penelitian yang mana statistik digunakan untuk menganalisa data hasil penelitian. Kemampuan menganalisa merupakan kemampuan mengidentifikasi bagian-bagian, mengenali dan memahami isi/substansi, dan menyajikannya data dengan bentuk yang mudah dipahami akan tetapi banyak mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah statistik dengan predikat nilai yang baik atau telah dinyatakan lulus ketika melakukan analisa data khususnya data kuantitatif, secara konsep dan implementasinya banyak yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah statistik dikarenakan kurangnya pemahaman tentang statistik dan kemampuan dasar dalam mengolah dan menganalisa data statistik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan nilai mata kuliah statistik dengan kemampuan menganalisa data kuantitatif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Metro, sedangkan populasi yang penulis ambil yaitu mahasiswa Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Metro angkatan 2014 yang telah menyelesaikan skripsi periode 2 tahun 2018 dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 15 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan rumus Korelasi Product Moment untuk mengetahui taraf signifikansi antara variabel (x) dan (y) yang di konsultasikan dengan ???????????????????????? dengan menggunakan taraf signifikan 5 %.

Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukan diperoleh harga ????ℎ???????????????????? sebesar 0,632, selanjutnya menentukan nilai ???????????????????????? dengan sebelumnya terlebih dahulu mencari nilai df, df=N-2=15-2=13 dengan df yang bernilai 13, maka pada taraf signifikan 5% diperoleh harga r tabel sebesar 0,553. Dengan demikian ????ℎ???????????????????? lebih besar dari ???????????????????????? dalam taraf signifikan 5 % yakni 0,632>0,553. Dari hasil tersebut berarti terdapat hubungan antara nilai mata kuliah statistik dengan kemampuan menganalisa data kuantitatif mahasiswa Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Metro dengan tingkat keeratan dari hasil analisis data sebesar 0,632. Dengan demikian kemampuan menganalisa data kuantitatif akan baik jika nilai mata kuliah statistik yang diperoleh mahasiswa itu baik dan apabila kemampuan menganalisa data kuantitatif ingin lebih baik maka nilai statistik yang diperoleh harus lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 03 Aug 2020 08:14
Last Modified: 03 Aug 2020 08:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3659

Actions (login required)

View Item View Item