Handayani, Ria (2020) Strategi Guru dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA Negeri 1 Labuhan Ratu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
ria burning 2.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Strategi merupakan suatu cara atau rangkaian tindakan sistematis yang dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dalam proses pembelajaran pendidikan agama islam strategi yang digunakan masih belum maksimal, yang ditandai dengan pesertadidik kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan materi, minat belajar yang masih rendah serta hasil belajar peserta didik menurun. Sehingga diperlukan strategi yang tepat untuk mengatasinya.
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah diatas, maka pertanyaan penelitian ini yaitu ― Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XII SMA Negeri 1 Labuhan Ratu?‖
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat Deskriptif yang peneliti lakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Labuhan Ratu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama islam kelas XII SMA Negeri 1 labuhan Ratu. Data yang diperoleh melalui beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, untuk memudahkan penganalisaan data, kemudian diinterpretasikan dengan cara berfikir induktif, adalah berdasarkan pengetahuan khusus setelah itu diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggung jawabkan.
Berdasarkan hasil analisa data observasi, wawancara dan dokumentasi yang peneliti peroleh maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Guru dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMA Negeri 1 Labuhan Ratu ini menggunakan pendekatan, metode yang bervariasi dan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan Agama Islam, oleh karena itu menggunakan data primer dan data sekunder yang didapatkan melalui wawancara dengan informan inti, dan informan biasa serta pengamatan berkali-kali mengenai pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah.
Strategi yang digunakan yaitu dengan melakukan pendekatan kepada peserta didik yang bertujuan untuk mengetahui kharakteristik serta gaya belajar peserta didik, kemudian penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang lebih divariasikan ketika mengajar, sehingga membuat peserta didik menjadi lebih semangat ketika belajar, dan tentunya akan mempermudah pemahaman peserta didik ketika proses pembelajaran, makadiharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 04 Sep 2020 07:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2020 07:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3674 |
Actions (login required)
View Item |