Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Video melalui LCD Proyektor untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada Siswa kelas IV MIM Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020

Saputri, Anisya Dwi (2020) Penggunaan Video melalui LCD Proyektor untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada Siswa kelas IV MIM Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Anisya Dwi Saputri.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPS MIM Pekalongan Lampung Timur, yaitu nilai yang diperoleh siswa yang masih jauh dari KKM yang ditetapkan. Berdasarkan observasi juga diketahui bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPS adalah kurangnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS serta kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran di kelas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakanLCD Proyektor pada maat pelajaran IPS siswakelas IV MIM Pekalongan Lampung TimurTahun Pelajaran 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah siswa 22 siswa, 11laki-laki dan 11perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata dan rumus menghitung persentase.

Hasil Penelitian bahwa rata-rata motivasi belajar pada siklusIsebesar 68,9% yang berarti berkualifikasi cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 76%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 59,1% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,7% menjadi 81,8%. Motivasi dan hasil belajar pada siklus I dan siklus IItelah mencapai indikator keberhasilan yang peneliti tetapkan yaitu 70% dari 22 siswa.Selanjutnyadapat disimpulkan bahwa penggunaan video melalui LCD Proyektor dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MIM Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci : IPS, motivasi, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 19 Aug 2020 01:46
Last Modified: 19 Aug 2020 01:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3751

Actions (login required)

View Item View Item