Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry untuk ‎meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Muhammadiyah ‎Hadimulyo Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Mahardika, Sherla (2020) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inquiry untuk ‎meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Muhammadiyah ‎Hadimulyo Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
14127745 SHERLA MAHARDIKA PGMI SKRIPSI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Hadimulyo Metro masih rendah dikarenakan banyak peserta didik yang belum mencapai nilai KKM karena salah satu faktor penyebabnya adalah peserta didik kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. LKPD merupakan kumpulan dari lembaran yang berisikan kegiatan ‎peserta didik yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas nyata ‎dengan objek dan persoalan yang dipelajari. LKPD berfungsi sebagai ‎panduan belajar peserta didik dan juga memudahkan peserta didik dan guru melakukan kegiatan belajar mengajar.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA melalui penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis inquiry‎pada‎kelak‎ V MI Muhammadiyah Hadimulyo Metro Kecamatan Metro Pusat Kota Metro Lampung.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pembelajaran dilakukan selama II siklus, I siklus sabanyak 2 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Hadimulyo Metro 13 laki-laki dan 10 perempuan, sedangakan teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu analisis data kuantitiatif dan analisis kualitaitif.

Dari hasil penelitian dengan penerapan pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inquiry adalah ketuntasan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran sebesar 60,87% dan sisklus II sebesar 78,26%. Jadi dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 17,39%. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), maka penggunakan LKPD berbasis Inquiry dapat digunakan sebagai metode alternatif dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 19 Aug 2020 02:14
Last Modified: 19 Aug 2020 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item