Winarti, . (2020) Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI WIWIN.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Profesionalisme guru adalah seseorang yang mempunyai kemampuan pada bidang tertentu dengan melalui pendidikan dan pelatihan yang baik serta pengalaman yang baik dalam bidang tertentu. Seperti halnya guru memotivasi siswa dalam belajar untuk mencapai suatu tujuan dan hasil yang memuaskan. Mulai dari guru yang dapat menguasai materi dan mengunakan cara yang kreatif dalam menyampaikan materi dalam pembelajaran maka akan sangat berpengaruh pada siswa untuk memotivasi siswa supaya memiliki semangat belajar yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro. Jenis peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Instrument yang digunakan yaitu angket untuk memperoleh data proesionalisme guru dan motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan Pearson Product Moment dengan menggunakan SPSS Versi 22.
Hasil uji linieritas dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai sig 0,733 > 0,05. Maka antara variabel bebas memiliki hubungan yang linier dengan variabel terikat. Hasil analisis Uji t dapat diketahui bahwa dengan membandingkan nilai p-Value = 0,000 < α = 0,05 maka tolak H0, artinya terdapat pengaruh antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa.
Kata Kunci : Profesionalisme Guru, Motivasi, Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 04:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 04:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3806 |
Actions (login required)
View Item |