Cahya, Shoby Any (2020) Efektivitas penggunaan media permainan bahasa dan metode Syam’iyah Syafawiyah terhadap kemampuan menulis pada siswa kelas X Pondok Darul Arqom Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Metro.
|
Text
SHOBY ANY CAHYA-NPM.18003806.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya tentang pembelajaran menulis pada siswa kelas X Pondok Darul Arqom Muhammadiyah Metro Tahyn Ajaran 2019/2020 yaitu peneliti mengetahui beberapa permasalahan yaitu kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran menulis teks Arab, serta kemampuan Qowaid Bahasa Arabnya masih kurang, dan belum mampu menulis kata-kata dengan tanda baca yang tepat, serta siswa belum mampu mengungkapkan pemikiran secara tertulis dengan menggunakan kata yang tepat dalam kalimat sehingga nilai siswa rendah, karena dalam proses pembelajarannya belum menggunakan metode yang bervariasi dalam memahamkan siswa dan mempermudah pemahaman siswa sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran.
Pertanyaan penelitian dalam tesis i ini adalah: Bagaimana efektivitas penggunaan media permainan bahasadan metode syam’iyah syafawiyah terhadap kemampuan menulispada siswa kelas X Pondok Darul Arqom Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2019/2020? dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media permainan bahasa dan metode sam’iyah syafawiyah terhadap kemampuan menulispada siswa kelas X Pondok Darul Arqom Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitan eksperimen.Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis tes yaitu pre test danpost tes.Pengumpulan data dalam penggunaan dalam menerapkan media permainan bahasa dan metode Pembelajaran sam’iyah syafawiyah ini menggunakan metodetes, observasi dan dokumentasi.
Adanya efektivitas penggunaan media permainan bahasa dan metode sam’iyah syafawiyah terhadap kemamapuan menulis pada siswa kelas X Pondok Darul Arqom Muhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini terlihat dari hasil analisis data dengan menggunakan rumus Uji t, dengan hasil perhitungan t hitung sebesar 8,818.Setelah dikonsultasi kandengan t tabel(1,699), ternyata t hitung lebih besar dari t tabel, yang berarti ada pengaruh yang cukup kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 19 Aug 2020 01:18 |
Last Modified: | 19 Aug 2020 01:46 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3807 |
Actions (login required)
View Item |