Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Membaca Pada Peserta didik di MTs Al-Basyari Sendang Mulyo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020

Nurhadiah, . (2020) Strategi Pembelajaran Membaca Pada Peserta didik di MTs Al-Basyari Sendang Mulyo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
TESIS DIAH.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Bahasa arab itu merupakan salah satu pelajaran yang sangat penting di pelajari oleh peserta didik karena dengan adanya bahasa arab akan lebih mudah memahami al-Qur’an. Dalam bahasa arab ada4 keterampilan yaitu berbicara, mendengar, memebaca,menulis, media yang di pakai dalam kemahiran berbicara mendengar adalah suara yang pertama melalui komunikasi langsung antara pembicara dan pendengar, sedangakan kemahiran memebaca dan menulis terkait dengan media yang hurf yang tertulis.

Dalam proses pembelajaran, strategi merupakan hal yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Di MTs Al-Basyari terdapat siswa yang belum lancar dalam membaca tulisan Arab karena sebagian ada yang sudah mengikuti pendidikan di TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) adapula yang belum, masih banyaknya siswa yang lulusan dari SD dan belum mengerti bahasa arab dan belum pernah mempelajarinya,kurangya media dalam pemebelajaran bahasa arab.siswa juga merasa bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit sehingga motivasi untuk mempelajarinya rendah.dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab, guru harus memperhatikan kemampuan masing-masing siswa dan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai

peneliti merumuskan masalah yaitu bagaimanastrategi pembelajaran membaca pada peserta didik MTs Al-Basyari lampung tengah tahun ajaran 2019/ 2020

adapun tujuan peneliti yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran membaca pada peserta didik di MTs Al-Basyarilampung tengah tahun ajaran 2019/2020.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field reseacrh), sebab penelitian ini didasarkan atas data yang dikumpulkan dari lapangn secara langsung yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematikmengenai fakta-fakta yang ditemukan dalam penelitian. Sifat penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan datanya dalah observasi, interview dan dokomentasi

Dan setelah peneliti observasi lansung di MTs Al-Basyari tehnik yang digunakan dalam pembelajaran membaca diMTs Al-Basyari adalahstrategi membaca keras, membaca dalam hati, membaca cepat, membaca analitif.dan di dalam praktek pembelajarannya guru menggunakan metode qowa’idu watarjamah.dan kesulitan di dalam pembelajaran di MTs peneliti menyimpulkan bahwasanya kesulitan itu di dalam memahami bahasa arab dan kesulitan membedakan antara isim mudakar dan mua’nnas, dan kesulitan dalam memahami makna kalimat,dan kesulitan dalam membaca teks arab sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam belajar bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 05 Apr 2021 01:15
Last Modified: 05 Apr 2021 01:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item