Suci, Wulan (2020) Pengaruh Penerapan Sistem Pembelajaran Full Day School Terhadap Pengembangan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA Negeri 5 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Skripsi.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Pengembangan kedisiplinan adalah suatu pengembangan sikap atau perilaku seseorang untuk dapat bertindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan sistem pembelajaran full day school yang telah ditetapkan oleh aturan Kemendikbud Nomor 23 Tahun 2017.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Metro telah mengembangkan sikap disiplin dengan baik dan mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi penerapan sistem pembelajaran full day school terhadap pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 5 Metro. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan hipotesis yang Peneliti ajukan dalam penelitian ini adalah “Ha” yaitu ada Pengaruh Penerapan Sistem Pembelajaran Full Day School Terhadap Pengembangan Kedisiplinan Peserta Didik Di SMA Negeri 5 Metro.
Pengujian instrument pada penelitian ini menggunakan uji validitas dengan rumus Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis. Untuk mengukur seberapa besar hubungan 2 variabel digunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil dari perhitungan koefisien korelasi product moment yang diperoleh nilai sebesar 0,468. Kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan taraf sig 5% untuk N= 136 dan df = N-2 =134 diperoleh angka 0,1684 dan terlihat bahwa 0,468 ≥ 0,1684, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Setelah itu diuji koefisien determinasi dan diketahui nilai r square adalah 0,219 atau sama dengan 21,9%. Angka tersebut mengandung arti bahwa penerapan sistem pembelajaran full day school ada pengaruh terhadap pengembangan kedisiplinan peserta didik. Sedangkan (100% - 21,9% = 78,1%) yang berarti 78,1% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Kemudian nya yaitu 1,97783. Maka 2,66 ≥ 1,977 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Berdasarkan hasil perhitungan statistik diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan sistem pembelajaran full day school terhadap pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 5 Metro. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan sistem full day school terhadap pengembangan kedisiplinan peserta didik di SMA Negeri 5 Metro antara lain: Kurikulum, Manajemen Pendidikan, Sarana Prasarana, dan juga Sumber Daya Manusia.
Kata Kunci: Sistem Pembelajaran Full Day School, Pengembangan Kedisiplinan, dan Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 27 May 2021 01:50 |
Last Modified: | 27 May 2021 01:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4037 |
Actions (login required)
View Item |