Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah

Nikmah, Awalina Alfi (2021) Strategi Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
AWALINA ALFI NIKMAH_1704100112 - Nita Sofiyana.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Industri keuangan Islam adalah industri yang mempunyai fungsi intermediasi atau penghubung antara pihak yang mempunyai kelebihan dana (supply side) dengan pihak yang membutuhkan dana (demand side). Fungsi intermediasi keuangan Islam dijalankan secara khusus dan berbeda oleh masing masing sektor di dalamnya, salah satunya yaitu pasar modal syariah. Lembaga yang dibentuk pemerintah untuk menjadi wadah dan tempat terjadinya semua transaksi mengenai pasar modal, baik pasar modal konvensional maupun pasar modal syariah adalah Bursa Efek Indonesia (BEI). Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung menjadi faktor pendukung dalam menumbuhkan minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung Dalam Menumbuhkan Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung, Staf Trainer, dan masyarakat yang berada di Provinsi Lampung. Tekhnik analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, strategi yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung untuk menumbuhkan minat masyarakat berinvestasi di pasar modal syariah yaitu strategi sosialisasi dan edukasi. Strategi sosialisasi dan edukasi ini memiliki beberapa macam bentuk kegiatan, diantaranya yaitu sosialisasi dan edukasi melalui kegiatan Kampanye „Yuk Nabung Saham‟, Sekolah Pasar Modal dan Sekolah Pasar Modal Syariah, Sosialisasi Go Public, melakukan Edukasi Publik, Edukasi Kepada Masyarakat dengan mendirikan Galeri Investasi dan Galeri Investasi Syariah, Kegiatan Forum Calon Investor, Forum Investor, Klinik Investasi. Sedangkan strategi dalam bentuk lain dengan menggunakan media sosial dan media cetak. Strategi dengan media meliputi Workshop Wartawan dan kerjasama dengan media cetak Lampung Post, Radar Lampung, dan Tribun News.

Strategi sosialisasi dan edukasi ini telah menghasilkan kinerja yang cukup baik dari tahun ke tahun terutama dalam hal jumlah investor syariah meskipun belum maksimal. Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan strategi Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Lampung juga menggunakan media penyebaran informasi pasar modal melalui media elektronik atau melalui media sosial berupa iklan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:55
Last Modified: 27 May 2021 01:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item