Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim Untuk Memilih Bank Konvensional (Studi Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Angkatan Tahun 2017)

Tarti, Ira (2021) Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim Untuk Memilih Bank Konvensional (Studi Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah Angkatan Tahun 2017). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
IRA TARTI_1602100139-2 - Ira Tarti.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa mahasiswa jurusan S1 perbankan syariah dihadapkan pada suatu pilihan dalam menentukan keputusan, yaitu penggunaan jasa pada perbankan konvensional. Padahal sudah diketahui bersama menggunakan sistem bunga yang sudah jelas diharamkan oleh agama Islam. Keputusan dalam menentukan pilihan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor psikologis, faktor situasional dan faktor sosial. Permasalahan yangi akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanai fakor psikologis, situasional dan sosial mempengaruhi keputusan nasabah untuk memilih bank konvensional (studi pada mahasiswa S1 perbankan syariah angkatan tahun 2017). Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh psikologis, situasional dan sosial secara parsial terhadap keputusan nasabah. 2) untuk mengetahui pengaruh psikologis, siuasional dan sosial secara simultan terhadap keputusan nasabah. 3) untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan nasabah.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan S1 perbankan syariah angkatan tahun 2017 yang menjadi nasabah bank konvensional dengan jumlah sampel sebanyak 58 responden, dan teknik yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknis analisis data pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel situasional dan sosial berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah, sedangkan variabel psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah, dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,442 < 1,673. Kemudian variabel psikologis, situasional dan sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan tingkat nilai Sig F < 0,05 (5%) dan Fhitung > Ftabel yaitu 19,765 > 2,54. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan nasabah adalah faktor sosial,tdengan nilai koefisien sebesar 0,409.

Kata Kunci: Psikologis, Situasional, Sosial dan Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:56
Last Modified: 27 May 2021 01:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item