Safitri, Reka (2020) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Rumbia Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
skripsi reka fix cetak.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Kompetensi merupakan suatu kemampuan yang mutlak dimiliki guru agartugasnya sebagai pendidik dapat terlaksana dengan baik. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetendi sosial.Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak. Semakin baik kompetensi pedagogik guru maka semakin baik pula kemampuan yang akan dimilikinya. Sedangkan, prestasi belajar siswa dapat diketahui setelah diadakan evaluasi. Hasil dari evaluasi dapat memperlihatkan tentang tinggi atau rendahnya prestasi belajar siswa.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―Apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Rumbia Kabupaten Lampung Tengah ?
‖.Tujuan penulisan ini untuk seberapa besar pengaruh kompetensipedagogik guru PAI terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Rumbia kecamatan Rumbia kabupaten Lampung Tengah. Tekhnik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah ―Ha‖ yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi blajar siswa di SMA Negeri 1 Rumbia.
Sampel pada penelitian ini adalah 17 responden.Pengujian instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas dengan rumus Product Moment dan reliabilitas dengan rumus Alpha.Tekhnik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus Chi Kuadrat. Untuk mengukur seberapa besar hubungan 2 variabel digunakan rumus Koefisien Kontingensi.Berdasarkan hasil perhitungan chi kuadrat tabel (X2tabel) dengan chi kuadrat hitung (X2hitung).Dimana hasil chi kuadrat hitung = 135,22Chi kuadrat tabel pada dk = 4, untuk tarafsignifikasi 5% = 9,488 dan pada taraf signifikasi 1% = 13,277 dengan demikian harga chi kuadrat hitung (X2hitung) lebih besar daripada chi kuadrat tabel (X2tabel) baik pada taraf signifikasi 1% maupun pada taraf signifikasi 5% atau 13,277<135,22>9,488.Selanjutnya dengan hasil perhitungan kontingensi diperolehC=0.9425 yang kemudian di bandingkan dengan harga Cmaks 0.816 yang berartikompetensi pedagogik guru PAI di SMA N1 Rumbia memiliki keterkaitan sangat erat karena C berada diantara 0.9425-0.816.
KataKunci: Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 02:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 02:39 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4140 |
Actions (login required)
View Item |