Latif, Abdul (2019) Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII MTs Darul A’mal Metro T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ABDUL LATIF NPM 1501010234-dikompresi - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah bimbingan orangtua dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan agar anak mampu mengasah
kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran fikih.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah ada Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII MTs Darul A’mal Metro Tahun 2019/2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII MTs Darul A’mal Metro Tahun 2019/2020.
Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunkan sampel dari populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 26 siswa yang diambil dari populasi yang berjumlah 150 siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang bimbingan orangtua, dan dokumentasi
yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hasil belajar fikih, sejarah singkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana
dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawan serta data jumlah siswa kelas VII MTs Darul A’mal Metro.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VII MTs Darul A’mal Metro. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat diperoleh harga xhitung 20.8449 lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 16.919. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho)ditolak, dengan tingkat pengaruh sangat kuat, dari hasil perhitungan koefisien
determinasinya pengaruh bimbingan orangtua memiliki kontribusi atau pengaruh sebesar 74,99% dalam mempengaruhi Hasil Fikih Siswa Kelas VII MTs Darul A’mal Metro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:27 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/418 |
Actions (login required)
View Item |