Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Realistic Matemathic Education (RME) Pada Siswa Kelas III di SD Negeri 3 Metro Barat

Fathsharaani, Fauzyah (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Realistic Matemathic Education (RME) Pada Siswa Kelas III di SD Negeri 3 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FAUZYAH FATHSHARAANI NPM. 1501050107 email - Sharaani Fauzyah.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dimungkinkan penerapan strategi pembelajaran matematika, peneliti mencoba menerapkan realistic mathematic education untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri 3 Metro Barat, setelah, mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Realistic Mathematic Education (RME). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Metro Barat pada mata pelajaran matematika tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu menggunakan teknik daskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan siswa dalam aspek psikomotorik pada siklus I, ketelitian siswa dalam menggunakan alat ukur sebesar 46,87% dan ketepatan siswa dalam penggunaan alat ukur sebesar 46,87%. Siklus II ketelitian siswa dalam penggunaan alat ukur sebesar 56,25%, dan ketepatan siswa dalam penggunaan alat ukur sebesar 70,83%. Tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 87,50% dan pada siklus II sebesar 91,67%, dan telah mencapai ketuntasan belajar lebih dari 80% pada akhir siklus, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III SD Negeri 3 Metro Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:12
Last Modified: 30 Dec 2019 03:12
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item