Sela, Cindi Ayu Pramai (2020) Analisis Pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Bumiharjo Pasca Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI CINDY AYU P.S 1601050008-1 - Dara Septiana.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Pembelajaran IPAmasa pandemi covid-19 (Corona Virus Disease)dilakukan dengan daring secara online. Perencanaan pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Bumiharjo menerapkan perencanaan atau menggunakan RPP khusus daring yang terdiri dari identitas lembaga, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam satu lembar. Proses pembelajaran IPA oleh siswa pasca pandemi covid-19 dilakukan dengan dampingan orang tua dan menggunakan evaluasi yang mengacu pada aspek spiritual, afektif, kognitif dan psikomotorik.
Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimana analisis pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Bumiharjo pasca pandemic covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran online pada mata pelajaran IPA SD Negeri 2 Bumiharjo. Untuk menjawab pertanyaan ini maka penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/ferivication.
Hasil penelitian yang telah dilakukan yakni pada pembelajaran sebelum pandemi Covid-19 dilakukan dengan proses dan sistematika seperti diawali dengan mengucapkan salam, berdoa bersama, absensi, mengajukan pertanyaan tentang materi sebelumnya, memberikan apresiasi terhadap jawaban siswa, menyampaikan manfaat dan tujuan pembelajaran. Proses pembelajaran IPA sangat menarik menggunakan bermacam-macam metode. Sedangkan proses pembelajaran secara online IPA pasca pandemi Covid-19 perdana diterapkan di SD Negeri 2 Bumiharjo. Proses pembelajaran secara online ini sangat tidak efisien karena tidak bisa dipantau secara langsung kegiatan siswa saat pembelajaran. Penerapan pembelajaran online memiliki dua faktor yakni faktor penghambatnya seperti tidak semua peserta didik mempunyai HP, kurang efektifnya proses pembelajaran dan siswa mengalami kejenuhan. Sedangkan, faktor pendukung yakni orangtua yang belum memiliki HP untuk berusaha menumpang hp kepada orang tua peserta didik lainnya, agar proses pembelajaran berjalan efektif dengan di damping orangtua yaitu pada saat awal pembelajaran orang tua dan peserta didik harus mengirim foto atau video untuk absen. Terkadang ada juga orang tua yang tidak mau mendampingi anaknya belajar karena sibuk dengan pekerjaanya dan pendidik mengirimkan video agar peserta didik tidak jenuh dan memberikan tugas pun tidak banyak agar peserta didik tidak merasa terbebani.
Kata kunci: Pembelajaran, Online,Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 04:57 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 04:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4252 |
Actions (login required)
View Item |