Muamar, Irham (2020) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam di SMP Muhammadiyah Sekampung Lampung Timur TP. 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
SKRIPSI IRHAM MUAMAR - Muamar 1.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Peningkatan mutu pendidikan diawali dengan peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas, untuk mewujudkan motivasi belajar yang tinggi dibutuhkan pula guru yang mempunyai kompetensi dalam pembelajaran salah satunya yaitu dengan pemberian reward dalam proses belajar. Reward merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan motivasi belajar pada diri siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pedidikan Al-Islam siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sekampung tahun pelajaran 2020/2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Al-Islam siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sekampung tahun pelajaran 2020/2021. Hipotesis pada penelitian ini ialah ada pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Al-Islam siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sekampung tahun pelajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian ini sebanyak 68 siswa. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang pemberian reward dan data tentang motivasi belajar siswa. Dokumentasi untuk mendapatkan sejarah singkat sekolah, visi dan misi, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan peserta didik serta sarana dan prasarana SMP Muhammadiyah Sekampung.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu penggunakan rumus Korelasi Person Product Moment (PPM). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian reward terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Al-Islam siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sekampung tahun pelajaran 2020/2021. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi Person Product Moment diperoleh harga rxy 0,587 lebih besar dari rtabel 0,254 yakni 0,587>0,254, dan dilihat dari pedoman interpretasi koefisien korelasi nilai rxy 0,587 berada pada interval koefisien nilai 0,40 – 0,599 pada interval tersebut tingkat hubungannya ialah sedang, sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 01:25 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 01:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4323 |
Actions (login required)
View Item |