Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam di Raudhotul Athfal Al-Huda Kayangan Tulung Balak

Oktaviani, Ani (2021) Upaya Guru dalam meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam di Raudhotul Athfal Al-Huda Kayangan Tulung Balak. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
1 SKRIPSI ANI OKTAVIANI 1601030010 PIAUD IAIN METRO FINISH PDF - riki ardiansyah.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan kemampuan motorik halus anak merupakan proses perubahan dalam upaya mengoptimalkan kematangan yang mencakup keterampilan koordinasi antara mata dan tangan yang membutuhkan ketelitian tinggi secara terus-menerus, dan bertahap dengan pemberian stimulasi yang tepat guna mencapai tingkat perkembangann yang optimal. Kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Huda Kayangan Tulung Balak dapat meningkat melalui upaya guru dalam menstimulasi dengan menerapkan kegiatan menganyam dalam proses pembelajaran.

Pertanyaan penelitian yang terdapat dalam pembahasan ini ialah Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di kelompok B RA AL-HUDA Kayangan Tulung Balak, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung terkait upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Huda Kayangan Tulung Balak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di kelompok B RA AL-HUDA Kayangan Tulung Balak.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mengungkapkan fakta-fakta dan gejala yang nampak khususnya terkait upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam di kelompok B RA Al-Huda Kayangan Tulung Balak. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data yang diperoleh menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.

Berdasarkan analisis yang telah peneliti lakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B RA Al-Huda Kayangan Tulung Balak dengan menerapkan langkah-langkah kegiatan menganyam dengan baik dan benar dengan tetap memperhatikan prinsip perkembangan kemampuan motorik halus anak yakni: 1)Melakukan perencanaan dan menyiapkan alat maupun bahan yang dibutuhkan sebelum pelaksanan pembelajaran, 2)Menjelaskan tehnik menganyam, 3)Memberi kesempatan anak untuk memulai kegiatan menganyam, 4)Memberi pengawasan dan pengamatan saat kegiatan menganyam berlangsung, 5)Melakukan evaluasi. Faktor pendukung: peran pendidik, peran orangtua/ wali, bahan yang mudah didapatkan, dan kegiatan yang menarik. Faktor penghambat yakni emosi anak yang kurang stabil dan alat (gunting) yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:03
Last Modified: 15 Sep 2021 02:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4352

Actions (login required)

View Item View Item