Wati, Santi Puspa (2021) Pengaruh Media Film Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas Viii di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro Tahun Pelajaran 2020/2021. Masters thesis, IAIN Metro.
PDF
Tesis SANTI PUSPA WATI 18003805 (MPBA) - santi puspa.pdf - Other Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran Bahasa Arab merupakan pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk menguasai bahasa kedua yaitu Bahasa Arab. Salah satu dari keterampilan-keterampilan berbahasa adalah keterampilan berbicara. Urgensi keterampilan berbicara mengharuskan siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk belajar dan menggunakannya dalam komunikasi karena bahasa memiliki potensi yang luas dan kompleks. Ada beberapa masalah dalam pembelajaran keterampilan berbicara yaitu siswa kesulitan dalam mengucapkan kosakata dengan benar, siswa kesulitan berbicara dialog dalam kalimat yang sempurna dan siswa tidak mampu memahami arti kalimat dalam dialog. Hal ini disebabkan karena disana guru mengajar dengan media yang tidak sesuai dengan keterampilan berbicara.
Berdasarkan penjelasan di atas, Penulis menggunakan media film untuk meningkatkan keterampilan bericara siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro. Sebagaimana pertanyaan penelitian, “Apakah penerapan media film mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro dan bagaimana penerapannya?” Penulis menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri atas kelas eksperimen (Kelas VIII Al Hakim) dan kelas kontrol (Kelas VIII Al Hafizh). Alat pengumpul data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini menggunakan rumus T-test.
Hasil penelitian yaitu penggunaan media film efektif terhadap keterampilan berbicara peserta didik, dimana hasil tes eksperimen lebih tinggi dibandingkan hasil tes kelas kontrol. Hal itu dikarenakan nilai tes kelas eksperimen sebesar 1138 dan nilai tes kelas kontrol sebesar 987. Nilai tes kelas eksperimen yang mencapai ketuntasan 27 dari 32 peserta didk. Sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 22 dari 32 peserta didik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3,881 dan ketika dibandingkan dengan t tabel sebesar 2,042. Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yaitu “penerapan media film terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro” diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 07:19 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 07:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4413 |
Actions (login required)
View Item |