Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 02 Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021

Lestari, Rahayu (2020) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 02 Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI RAHAYU - adam anggara.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini telah dilaksanakan dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTsN 02 Lampung Timur dengan judul “penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada peserta didik kelas viii di mtsn 02 lampung timur tahun ajaran 2020/2021”.

Penelitian ini diambil dari latar belakang perlu adanya penggunaan model pembelajaran bahasa arab khususnya untuk peningkatan kemampuan berbicara bahasa arab siswa agar tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran. Apalagi dilihat dari kurangnya semangat dan keseriusan dalam belajar bahasa arab, dan masih ada diantara siswa yang belum lancar berbicara bahasa arab. Oleh karena itu perlu adanya terobasan yang mengarah kepada peningkatan dalam berbicara bahasa arab siswa yaitu dengan cara melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran jigsaw. Tujuan dasar penelitian ini adalah untu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab siswa.

Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK), untuk data-data mengenai peningkatan kemampuan berbicara bahasa arab peserta didik bisa didapatkan melalui observasi aktivitas guru, observasi aktivitas siswa, dokumentasi yang diantaranya sejarah dan profil sekolah serta nilai peserta didik kelas VIII dan hasil tes. Ketercapaian ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab kelas VIII MTsN 02 Lampung Timur Tahun Ajaran 2020/2021.

Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara bahasa arab sisea mengalami peningkatan yang cukup memuaskan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan belajar yang sebelumnya pada siklus I mencapai 41,68% dengan nilai rata-rata sebesar 71,16 meningkat menjadi 83,30% dengan nilai rata-rata sebesar 80,21 pada siklus II, sehingga besar peningkatannya 41,62% dalam ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 15 Sep 2021 07:20
Last Modified: 15 Sep 2021 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item View Item