Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Metro)

Fijriah, Nuril (2021) Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Skripsi Nuril Fijri - Nuril Fijri.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Persepsi merupakan suatu anggapan yang muncul atas suatu informasi yang diterima. Persepsi menjadi salah satu faktor penentu dalam memahami informasi atau pengetahuan yang mempengaruhi seseorang dalam menentukan minat. Persepsi melahirkan perbedaan dalam memahami informasi atau pengetahuan yang di dapatkan yang menyebabkan seseorang memiliki minat.

Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh persepsi yang bersumber dari informasi serta pengetahuan yang terhadap minat mahasiswa menabung di bank syariah.

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh persepsi terhadap minat mahasiswa meanbung di bank syariah. Pokok masalah tersebut selanjutnya dibreakdown ke dalam beberapa submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu: Apakah persepsi mahasiswa berpengaruh terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah.

Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif kuantitatis, serta jenis penelitian ini yaitu penelitian survey yang terdiri dari wawancara dan kuesioner (Angket). Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan tahun 2018 sejumlah 73 mahasiswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket) yang dibuat dengan menggunakan skala likert. Variabel dalam penelitian ini adalah persepsi (X). Uji intrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas serta metode analisis data yaitu menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji asumsi klasik dan uji statistik. Untuk mempermudah melakukan perhitungan, penelitian ini menggunakan SPSS versi 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya berdasarkan hasil uji R2 , 69,2% variabel persepsi (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat (Y) mahasiswa menabung di bank syariah.

Kata kunci: Persepsi, Minat, Mahasiswa, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 27 May 2021 01:59
Last Modified: 27 May 2021 01:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4433

Actions (login required)

View Item View Item