Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2020/2021

Syafitri, Adhelia Dinda (2021) Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
SKRIPSI FULL ADHELIA DINDA SYAFITRI - Adhelia Dinda Syafitri.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang peneliti lakukan dapat dikemukakan bahwa masih ada kesenjangan antara keterampilan bertanya guru dalam kegiatan pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat terlihat bahwa guru kurang maksimal dalam keterampilan bertanya dan beberapa siswa yang motivasi belajarnya kurang. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 3 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 3 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021. Hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 3 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 3 Batanghari yang berjumlah 80 siswa dan sampel penelitiannya yaitu kelas VII A dengan jumlah 31 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode angket sebagai metode utama dan metode dokumentasi sebagai metode pendukung. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan rumus Pearson Product Moment.

Hasil dari penelitian yang dilakukan dan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh harga Rxy sebesar 0,70. Selanjutnya dari harga Rxy dihitung harga thitung yaitu sebesar 5,2843. Kemudian thitung dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n – 2 = 31 – 2 = 29 yaitu sebesar 2,045. Dengan demikian harga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,2843 > 2,045. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu ada pengaruh keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP N 3 Batanghari tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Oct 2021 06:50
Last Modified: 04 Oct 2021 06:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4456

Actions (login required)

View Item View Item