Kursiana, Yuli (2021) Analisis Ilmu Badi’ Pada Surat Ar-Rum (Kajian Balaghah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
skripsi penyerahan - Kursiana Yuli.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Surat Ar-Rum adalah surat ke 30 terdiri atas 60 ayat, termasuk golongan surat-surat makkiyah diturunkan sesudah ayat al-insyiqaq. Disebut ar-ruum karena pada permulaan surat ini, yaitu ayat 2, 3 dan 4 terdapat pemberitaan bangsa Rumawi yang pada mulanya dikalahkan oleh bangsa Persia, tetapi setelah beberapa tahun kemudian kerajaan Ruum dapat menuntut balas dan mengalahkan kerajaan Persia kembali.
Penelitian ini menggunakan teori ilmu badi’ yang terdiri dari almuhassinat allafdziyah dan almuhassinat maknawiyah dalam ilmu balaghah. Teori ini berfungsi untuk menemukan keindahan-keindahan lafadz maupun makna pada surat ar-ruum. Penelitian ini merupakan jenis analisis deskriptif kualitatif dengan metode penelitian pustaka. Adapun dalam analisis ini menggunakan kajian ilmu balaghah yaitu ilmu badi dengan demikian peneliti mengumpulkan beberapa referensi yang telah dipelajari sebelumnya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwasannya jenis dari keindahan makna lebih banyak dibandingkan dengan jenis keindahan lafadz pada surat ar-ruum. Adapun perinciannya adalah enam kalimat almuhassinat allafdziyah dan dua puluh satu kalimat almuhassinat maknawiyah. Adapun keenam kalimat almuhassinat allafdziyah yang peneliti temukan ialah tiga kalimat jinas dan tiga kalimat saja’. Sedangkan dua puluh kalimat almuhassinat naknawiyah yang peneliti temukan ialah dua puluh thibaq dan dua kalimat muqobalah.
Kata Kunci : almuhassinat allafdziyah, almuhassinat maknawiyah, surat ar-ruum.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra Arab |
Divisions: | Fakultas Adab dan Dakwah > Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 06:55 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 06:55 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4517 |
Actions (login required)
View Item |